7 Tips Pemasaran Lewat Digital Marketing Untuk Start Up

1.      Memulai Dengan Penyusunan Strategi

Sebelum memulai start up Anda disarankan untuk memulai dengan penyusunan strategi. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mencapai tujuan pada target yang telah Anda buat. Buatlah strategi yang sederhana namun tetap fokus terhadap tujuan target. Buatlah schedule plan yang berisi tentang aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan pada saat online.

2.      Ketahui Segmentasi Konsumen

Ketahui latar belakang konsumen dan ketahui segmentasi daya beli konsumen. Untuk mengetahui segmentasi konsumen Anda dapat dengan cara melakukan memilah jenis audiens berdasarkan dengan karakteristik tertentu. Selain itu Anda juga dapat melakukan validasi dengan cara melihat data history pada aplikasi atau sistem analisis web, hal ini digunakan untuk memastikan apakah hasil pemilahan tersebut sudah tepat ataukah belum.

3.      Pahami Keunggulan Pada Produk Yang Anda Pilih

Hal ini pastinya sangat penting untuk Anda ketahui untuk meyakinkan konsumen mengapa mereka harus memilih produk Anda dibandingkan dengan produk pesaing-pesaing yang lain. Selain itu Anda juga wajib mengidentifikasikan keunggulan-keunggulan tersebut dengan jelas dan baik.

4.      Pahami Tiga Jenis Pesaing

Ada tiga jenis pesaing yang wajib Anda pahami dengan baik di dalam bisnis.

  • Pesaing Langsung, perusahaan atau start up yang sedang menawarkan produk yang sama dengan produk Anda.
  • Pesaing Tidak Langsung, merek atau start up yang sedang menawarkan produk berbeda, namun mereka bersaing di segmentasi konsumen yang sama.
  • Komparator, yaitu produk yang sebelumnya sudah pernah dipakai oleh konsumen.

5.      Temukan Kompetitor Bisnis dari 3 Jenis Pesaing

Gunakan Google, selanjutnya ketik kata kunci yang berkaitan dengan produk atau layanan yang Anda gunakan start up.

Jika Anda sudah menemukan, coba bandingkan dengan start up yang sedang Anda miliki. Telusuri websitenya dan pelajari newsletter yang biasa dikirimkan pada produk.

Coba tanyakan kepada konsumen yang pernah menggunakan produk lain, hal ini digunakan sebagai testimoni dan masukan untuk pengembangan start up.

6.      Pastikan Target Yang Dipastikan Tercapai Dengan Baik

Ukur secara intensif untuk memastikan target yang sudah dirancangkan tercapai dengan baik. Beberapa hal yang dapat Anda jadikan sebagai bahan analisis untuk mengukur progres pemasaran digital Anda adalah, jumlah kunjungan website, jumlah unduh aplikasi, jumlah pemutaran video, pendaftaran layanan trial, dan sebagainya. Selain itu juga Anda harus menghitung semua target capaian berdasarkan konversinya.

7.      Coba Gunakan Layanan Berbayar

Manfaatkan layanan promosi berbayar seperti FB Ads, Instagram, Twitter, Google Ads, LinkedIn, setelah itu lihat hasil yang Anda peroleh. Cara ini memang bukan jaminan binis Anda akan sukses, namun cara ini dapat membantu produk Anda dapat dikenal lebih luas  oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *