Ketahui Konsep “5 P” dalam Internet Marketing

Pemasaran bertujuan untuk kegiatan pertukaran dengan orientasi profit (keuntungan) sekaligus guna memuaskan kedua belah pihak yang bertransaksi. Kedua belah pihak yang dimaksud disini adalah pihak penjual dan pihak pembeli.

Dalam artikel ini kita membahas mengenai konsep pemasaran dalam internet marketing. Internet marketing merupakan fenomena yang sangat menarik belakangan ini. Demikian menariknya hingga dapat membius orang-orang yang sebelumnya awam dan tidak memperhatikan internet, sehingga ingin mengetahui lebih dalam dengan mempelajari internet marketing ini. Apakah sebenarnya internet marketing itu? Jika Anda termasuk orang yang ingin memulai strategi pemasaran produk Anda, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Definisi Internet Marketing

Internet marketing terdiri dari dua kata, internet dan marketing keduanya sudah banyak kita dengar dan kita ketahui. Internet marketing atau biasa disingkat sebagai online marketing atau E-marketing adalah proses marketing (pemasaran) sebuah barang atau jasa melalui internet. Dengan penggunaan internet sebagai media menjadikan pemasaran lebih efektif, respon lebih cepat di dapat, dan dengan biaya yang lebih murah. Intenet Marketing menggunakan akses internet, World Wide Web dan e-mail. Sementara E-marketing mencakup semua itu ditambah alat-alat E-marketing yang lain seperti intranet, extranet, dan ponsel.

Konsep Pemasaaran dalam Internet Marketing

Dalam ilmu pemasaran kita mengenal marketing mix atau bauran pemasaran. Maketing mix dalam Internet marketing terdiri dari 5P, yaitu price (harga), product (produk), personalization (perseonalisasi), promotion (promosi), dan place (tempat). Sebelum Anda melakukan pemasaran hendaknya anda perlu memperhatikan hal-hal berikut,

1.      Price

Harga sebuah produk sangat menentukan prospek penjualan. Sehingga jika Anda hendak melakukan perhitungan secara matang dan sebaiknya dilakukan pengamatan pasar sebelum menentukan harga.

2.      Product

Hendaknya Anda menghasilkan barang atau jasa yang memiliki nilai dan kegunaan sesuai dengan kualitas yang diberikan, sehingga Anda tak akan mendapat kerugian kelak.

3.      Personalization

Atau pramuniaga atau marketer menjadi hal penting yang harus diperhatikan, karena sangat mempengaruhi penjualan produk Anda.

4.      Promotion

Promosi berfungsi untuk mengenalkan produk pada konsumen, guna meningkatkan daya jual produk Anda.

5.      Place

Tempat yang dimaksud disini adalah tempat penjualan, sehingga interaksi antara penjual dan pembeli lebih efektif tentunya sesuai segmentasi pasar yang dapat dilakukan melalui online atau toko (distributor) secara langsung.

Demikian penjelasan mengenai konsep pemasaran internet marketing, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *