Teknik Marketer Driven Personalization dalam Internet Marketing

Pemasaran dijalankan oleh personalisasi (Marketer Driven Personalization) pada tipe ini, pemasar menggunakan pemahaman pelanggan untuk menyarankan produk yang mereka inginkan berdasarkan informasi dari pengguna. Pemasar mempelajari pilihan pelanggan mengenai apa yang mereka sukai.

Dalam hal ini Pemasar harus mengumpulkan informasi dari konsumen untuk evaluasi kesempatan utama pemasaran dalam pengembangan pemasaran. Pemasar bertugas memberikan informasi kepada organisasi pemasaran tentang kebutuhan apa yang diperlukan konsumen, persepsi tentang karakteristik merek, dan sikap terhadap pilihan merek. Strategi pemasaran kemudian dikembangkan dan diarahkan kepada konsumen.

interaksi menjadi sangat diperlukan pada teknik ini. Interaksi yang di diperoleh pemasar sebagai target pelanggan mereka melalui basis one-to-one dan dapat membangun brand loyal relationships. Interaksi dengan pelanggan melalui internet marketing ini di harapkan dapat meningkatkan kinerja pemasaran dan memaksimalkan keuntungan. Secara umum, aplikasi internet dalam keperluan pemasaran meliputi 6 fungsi, yaitu:

  1. Yellow pages, merupakan database terorganisasi yang memuat aneka ragam informasi produk, perusahaan, iklan, berita, hiburan, dan sebagainya.
  2. Web traffic control, digunakan sebagai gerai penjualan virtual seperti amazon.com maupun mal-mal virtual yang kini semakin marak di jumpai.
  3. Standard websites, adalah homepages dan alamat e-mail untuk kontak atau layanan pelanggan.
  4. Business-to-business links, yang berupa koneksi pada jaringan bisnis yang dimiliki perusahaan.
  5. Community sites, adalah ruang ngobrol (chatting room) khusus pelanggan dengan kelompok
  6. Content-based sites, yang menerapkan aturan pada pemakai supaya harus membayar biaya keanggotaan (membership fee) agar bisa mendapat kan akses ke isi situs bersangkutan.

Pada dasarnya strategi pemasaran melalui sebuah internet marketing hampir sama seperti strategi pemasaran secara tradisional (traditional marketing), yaitu meliputi penciptaan nilai pelanggan dan merebut nilai pelanggan serta mempertahankan nilai pelanggan. Namun, strategi pemasaran melalui internet marketing dengan media internet.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Marketer Driven Personalization yang dapat kami rangkumkan untuk Anda. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam pemulisan artikel ini. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *